Assalamu'alaikum

header ads

Seorang Menteri Yang Ilmunya Setara Ilmu Ulama - Bag 2

Pengangkatan Ibnu Hubairah Menjadi Menteri

Disamping kesibukan Ibnu Hubairah mengajarkan ilmu, beliau juga bekerja guna mencukupi kebutuhan keluarga beliau. Kemahiran beliau dalam bahasa dan sastra arab mengantarkan beliau kepada pekerjaan yang berkaitan dengan surat-menyurat dan administrasi kekhilafahan masa itu.

Singkat cerita, Allah berkehendak untuk mengangkat derajat hambaNya, Ibnu Hubairah, di kalangan manusia. Takdir Allah mengarahkan beliau kepada pekerjaan yang lebih tinggi lagi.
Khalifah kala itu, Al-Muqtafi Billah memanggil Ibnu Hubairah ke kediamannya guna membicarakan pengangkatan beliau sebagai salah satu menteri khalifah.

foto via hdwallsource.com
Terjadi pembicaan empat mata antara Ibnu Hubairah dengan Khalifah Al-Muqtafi yang mana tidak seorang pun mengetahui isi pembicaraan tersebut. Yang pasti, Khalifah meminta dan meyakinkan beliau agar mau membantunya untuk mengurus kekhilafahan.

Pada hari Rabu, 13 Rabi'ul Akhir di tahun 544 H, Ibnu Hubairah akhirnya resmi diangkat sebagai salah satu menteri Khalifah Al-Muqtafi di hadapan orang banyak. Dan diberi gelar 'Aunud Din setelah itu.

Meskipun menjadi seorang menteri, perhatian beliau terhadap ilmu agama dan pemuliaan beliau kepada para ulama dan penuntut ilmu tidak berkurang sedikitpun. Bahkan melebihi perhatian beliau sebelum menjabat jabatan menteri.

Salah seorang pakar sejarah yang bernama Ibnu Khallikan (wafat 681 H) menceritakan hal ini. Beliau bertutur:

كان عالماً فاضلاً ذا رأي صائب وسريرة صالحة، وظهر منه في أيام ولايته ما شهد له بكفايته وحسن مناصحته.


"Dia (Ibnu Hubairah) adalah orang yang berilmu dan berakhlak mulia. Ditambah lagi ia memiliki pengamatan yang baik (terhadap suatu permasalahan) dan sarirah shalihah (keshalihan tatkala sendirian).


Di masa beliau menjabat, terlihat jelas kapasitas beliau (dalam mengembannya) dan santunnya beliau ketika menasihati."


وكان مكرماً لأهل العلم يحضر مجلسه الفضلاء على اختلاف فنونهم، ويقرأ عنده الحديث عليه وعلى الشيوخ بحضوره، ويجري من البحث والفوائد ما يكثر ذكره

Beliau juga adalah orang yang sangat memuliakan orang-orang berilmu. Banyak orang-orang hebat dari berbagai bidang ilmu hadir di majelis beliau. Hadits-hadits sering dibacakan di hadapan beliau beserta para ulama yang ada.


Sering dikaji dan dikemukakan sejumlah faidah ilmu disitu yang terlalu panjang untuk disebutkan (disini)."

Imam Adz-Dzahabi rahimahullah menyematkan berbagai pujian kepada sosok Ibnu Hubairah ketika beliau membawakan biografinya. Beliau berkata:

الوزير الكامل، الإمام، العالم، العادل، عون الدين، يمين الخلافة أبو المظفر يحيى بن محمد بن هبيرة

"Seorang menteri yang begitu komplit, seorang imam, seorang 'alim, seorang yang berlaku adil, seorang yang bergelar 'Aunud Din dan tangan kanan (orang kepercayaan) Khalifah: dialah Abul Mudzaffar Yahya bin Muhammad bin Hubairah."

سلفيا أثريا...كان دينا، خيرا، متعبدا، عاقلا، وقورا، متواضعا، جزل الرأي، بارا بالعلماء، مكبا مع أعباء الوزارة على العلم وتدوينه، كبير الشأن، حسنة الزمان

"Beliau seorang yang meniti jalan Salaf dalam beragama dan selalu mengikuti dalil. Beliau sangat agamis, baik, banyak beribadah, memiliki kematangan berpikir, tidak tergesa-gesa, dan rendah hati.


Beliau adalah orang yang punya banyak pandangan atau penilaian, sangat baik terhadap para ulama, dan tetap mencurahkan perhatian beliau kepada ilmu dan penyebarannya meskipun (di saat bersamaan) beliau memikul banyak beban dari jabatan menteri.


Beliau merupakan orang besar dan salah satu (penebar) kebaikan zaman itu."

***

Harta Mulai Berlimpah Namun Tidak Wajib Zakat

Ya. Ada satu sisi kehidupan Ibnu Hubairah rahimahullah yang begitu mencolok. Selepas beliau diangkat menjadi seorang menteri Khalifah, beliau memiliki gaji yang lumayan besar dari Khalifah.

Namun justru beliau semakin terlilit hutang dan tidak wajib zakat tiap tahunnya. Apa pasal?
Mari kita simak penuturan dari Ibnul Jauzy, murid beliau, yang menyibak kepada kita sebabnya. Beliau berkata:

وكان يكثر مجالسة العلماء والفقراء، ويبذل لهم الأموال، فكانت السنة تدور وعليه ديون؛ وما وجبت عليه زكاة قط

"Beliau itu senang duduk-duduk bersama para ulama dan kaum fakir. Beliau tidak ragu memberikan harta beliau kepada mereka. Sampai-sampai setiap tahun beliau terlilit hutang. Makanya, beliau tidak terkena kewajiban membayar zakat (harta) sama sekali."

Ibnul Jauzy juga bercerita:

كان بعض الفقراء يقرأ عنده كثيرا فأعجبه، وقال لزوجته: أريد أن أزوجه بابنتي، فغضبت الأم

"Sebagian orang fakir ada yang sering datang dan belajar kepada beliau. Beliau kagum dengan orang fakir tersebut hingga mengutarakan niat beliau kepada sang isteri bahwa beliau ingin menikahkan pemuda fakir tersebut dengan putri beliau. Tetapi isteri beliau menolak dan marah."

Menurut penulis, kemungkinan besar pemuda fakir yang diceritakan oleh Ibnul Jauzy adalah dia sendiri. Hal ini berdasarkan keterangan-keterangan sebelum dan sesudahnya yang menyebutkan kedekatan hubungan antara Ibnul Hubairah dengan murid beliau yang satu ini.

Bahkan Ibnul Jauzy rahimahullah sering mendatangi rumah Ibnul Hubairah untuk belajar dan menimba ilmu secara khusus kepada beliau.

***

Ibnu Hubairah Mendapati Kematiannya

Disebutkan di buku-buku sejarah dan biografi ulama bahwa Ibnu Hubairah meninggal dunia setelah diracuni oleh seorang tabib yang berpura-pura mengobati muntah-muntah beliau.

Ibnul Jauzy rahimahullah menuturkan kronologi kematian guru beliau:

وكان صحيحاً يوم السبت ثاني عشر جمادى الأولى من سنة ستين وخمسمائة، فنام ليلة الأحد في عافية، فلما كان في وقت السحر قاء، فأحضر طبيباً كان يخدمه فسقاه شيئاً، فيقال إنه سمه فمات

"Dan pada hari Sabtu, 12 Jumadal Ula di tahun 560, beliau (Ibnu Hubairah) masih dalam kondisi sehat-sehat saja. Kemudian pada malam Ahad beliau tidur juga dalam kondisi sehat.

Namun ketika menjelang shubuh beliau sempat muntah-muntah. Lantas seorang dokter yang biasa mengobati beliau didatangkan. Dokter tersebut memberi beliau ramuan untuk diminum.

Tersiar kabar bahwa dokter tersebut meracuni Ibnu Hubairah sehingga beliau meninggal."

Disebutkan pula bahwa setelah menerima pengobatan dari dokter tersebut, beliau meminta dibawakan seember air untuk berwudhu dan shalat.

Lantas beliau pun mulai shalat dalam keadaaan duduk. Kemudian ketika ingin bangun dari sujud, beliau tampak tidak bisa bergerak. Orang-orang di sekitar beliau mencoba untuk mendudukkan beliau namun ternyata beliau sudah menghembuskan nafasnya sesaat sebelum bangun dari sujudnya.  

Begitulah sosok seorang Ibnu Hubairah. Salah seorang dari hamba-hamba Allah yang terbaik. Ketika beliau memangku jabatan sebagai seorang menteri, Allah memberi kebaikan dan manfaat untuk Ahlus Sunnah melalui beliau.

Sosok yang tidak pernah meninggalkan ilmu dan duduk di majelis-majelis ilmu; baik sebelum menjadi menteri maupun setelahnya. Dan adalah panutan dalam hal wara'. Setiap orang yang membaca biografi beliau akan mendapati sikap beliau tersebut.

Pembaca Alukatsir Blog yang dirahmati Allah, demikian apa yang bisa saya paparkan pada artikel kali ini tentang biografi singkat seorang ulama zaman dahulu yang dikenal dengan sebutan 'Al-Wazir Ibnu Hubairah'.

Semoga tulisan singkat tentang perjalanan hidup beliau memacu kita semua untuk bisa lebih baik lagi dalam mempersiapkan bekal akhirat kita kelak, baik dengan ilmu maupun dengan amal ibadah kita.

Wallahu A'lam. Wa shallallahu 'ala Nabiyyina wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.


Maraji':
-Al-Muntadzam fi Akhbaril Muluk wal Umam karya Ibnul Jauzy (18/166-171)
-Wafayatul A'yan wan Anba Abnaiz Zaman karya Ibnu Khallikan (6/230-243)
-Siyar A'lamin Nubala karya Adz-Dzahabi (20/426-432)
-Mausu'ah Mawaqifis Salaf fil Akidah wal Manhaj wat Tarbiyah karya Abu Sahl Muhammad bin Abdurrahman (7/161-163)

Baca juga: