Sepuluh Sahabat Nabi Yang Mendapat Jaminan Surga

Hadis ini tidak mengindikasikan pembatasan Jumlah sahabat Nabi ﷺ yang mendapat jaminan Surga dari beliau, tetapi menerangkan penyebutan kesepuluh orang sahabat dalam momen itu.

Karena sejatinya, jumlah sahabat Nabi ﷺ yang meraih jaminan Surga lebih dari itu sebagaimana tertera dalam sejumlah hadis beliau, contohnya Abu Hurairah, Ukasyah, dan lainnya yang mendapatkan hal itu dalam berbagai momen dan kesempatan رضي الله عنهم.

Sebagai tambahan faedah, nama asli dari Abu Bakr adalah Abdullah bin Usman Abu Quhafah. Sedangkan nama asli dari Amir bin Abdullah bin Jarrah.

Sebagian sahabat Nabi ﷺ lebih populer atau dikenal luas oleh kaum muslimin dengan kunyah atau julukannya. Hal ini juga terjadi di generasi-generasi setelahnya seperti para perawi hadis. Makanya di buku-buku ulama terdahulu yang menyertakan jalur periwayatan akan lumrah didapati penyebutan nama julukan atau kunyah saja.

Jadi, sudahkah kita mengenal sahabat-sahabat Nabi Muhammad رضي الله عنهم dan mengenalkannya kepada anak cucu kita? Jika belum, paling tidak kenali dan ingat-ingat 
kesepuluh nama berikut.

Demikian. Semoga bermanfaat.




#alukatsir

0 komentar:

Posting Komentar

My Instagram